06 Juni 2008

Mataku.Hatiku.


Dari kecil gw selalu terkagum dengan salah satu indra gw ini.
MATA
Beranjak ke remaja, mulai dirumitkan dengan apa aja yang terdapat di dalamnya. Bagian-bagiannya. Fungsi dari masing-masing bagiannya.
Beranjak ke agak dewasa, tambah lagi pengetahuan tentang kemampuan mata memfokuskan cahaya. Ah, banyak deh. Pake itungan, afalan, logika, pengertian.
Itu semua, yang gw pelajarin, bikin gw tambah kagum banget dengan salah satu indra ini. Hal simpel yang waktu gw kecil lakukan adalah dengan menutup salah satu mata gw pake tangan. Gw langsung kaya kehilangan arah di mana salah satu mata gw itu tertutup. Gw ngebayangin, gimana rasanya kalo orang yang cuma punya satu mata.
Buat gw,
Mata itu ibarat jendela dunia.
Ketika salah satu jendelanya ditutup, penglihatan lu keluar bakal terhalang kan?
Ya, itulah mata buat gw.
Ditambah perlengkapannya. Ada Alis. Alis gw tebel loh,, hehe.. kaya sinchan gitu kata temen-temen gw. Haha.
Ada bulu mata, atas dan bawah. Mata juga bisa berkedip. Mata adalah pengendali refleks terbaik menurut gw. Terutama mata gw. Gw paling susah kalo udah dirias wajahnya bagian mata. Salah dikit bisa kedip berkali-kali.
Mata itu juga bagian sensitif. Mata itu mencerminkan hati kita. Ketika lu sedih, keluar aer mata kan? Atau lagi kesakitan? Atau lagi terharu? Kadang air mata keluar tanpa berdasarkan kehendak kita. Itu alesan kenapa gw bilang mata sensitif.

Dia menangis ketika kita tidak ingin ataupun tidak dapat menangis.

Dari mata, orang lain juga bisa membaca kita. Kita bohong? Kita gerogi? Kita kecewa? Kita gembira? Semua bisa dibaca. Dan yang paling penting, orang juga bisa tau jem tidur kita dari mata kita juga. Kalo tidur malem pasti matanya item. Kalo kurang tidur, pasti matanya berkantung. Hemm..
Bersyukur banget punya dua mata yang lengkap ini. Jangkauan mata kita juga luas banget loh. Mempelajari gimana cara kerja mata secara simpel, juga udah bikin gw kagum banget. Betapa cepetnya mata menerima objek, merekam, dan menyalurkan sampe kebaca di otak kita.
Terima kasih untuk pemberian-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar