29 Februari 2008

seperempat hari per tahun

Hari ini adalah hari yang langka, yang terulang hanya dalam empat tahun sekali. Enak ya kayanya orang yang lahir di tanggal 29 Februari ini, mereka ulang taon cuma tiap empat taon sekali. awet muda deh tuh.. haha..
Umm, gw pengen ngomongin tentang waktu. Sering ketika kita belajar, terutama dalam bidang sejarah, disebutkan tahun sebelum masehi atau yang sering disingkat menjadi SM. Kalo dalam bahasa Inggris lebih jelas lagi Before Christ ( BC).
Gw bertanya-tanya dari dulu, apa artinya itu? Masehi dan Christ itu? Kenapa bisa dijadikan sebagai titik balik? Adakah yang bisa menjelaskannya?
Gw juga sangat kagum dengan penamaan tahun di dunia kita ini. Ketika tahun sebelum masehi, tahun itu dihitung mundur kan, kira-kira kenapa ya? Contoh 800, 700, 600, 500, 400, 300, 200, 100, 0. Dan setelah titik balik tersebut barulah dimulai tahunnya dihitung semakin besar. 1, 2, 3, 4, .....
Gw rasa titik balik itu merupakan sesuatu yang besar, karena hal itu sangatlah universal yang diakui oleh seluruh dunia.
Apakah Christ di situ artinya tahun di mana Tuhan Yesus lahir?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar