10 Oktober 2008

Kagum

Ya, itu kata-kata yang ga akan pernah boleh lepas dari kehidupan sehari-hari gw. Kagum. Kata itulah yang membuat gw tertarik akan suatu hal, memiliki rasa ingin tahu lebih dalam lagi, dan mempelajarinya untuk mengerti. Akan gw coba untuk satu hal ini. Tapi udah dicoba hampir berbulan-bulan. Sepertinya ga ketemu-ketemu jawabannya. Hingga sampailah pada suatu titik balik, ketika gw udah mengetahui kunciannya, malah berbalik jadi orang yang sok tahu dan ga mau lagi mengagumi hal tersebut. Ya kan? Lebih baik menjadi orang yang selalu INGIN tahu bukan SOK tahu. Sebab dari rasa ingin tahu itulah yang membuat kita ingin mempelajarinya. Kalo udah tau, buat apa belajarin lagi.
Ini masalah kekaguman terhadap orang-orang yang berhati besar.
Tiap harinya gw ke kampus bolak-balik naek busway, hmmm.. Di sinilah kekaguman itu selalu terjadi. Ternyata masih banyak juga kaum pria yang berlapang hati untuk memberikan tempat duduknya bagi kaum wanita. Ga nyangka kalo masih ada orang-orang yang begitu baik. Padahal kalo mau dipikir ya, kita sama-sama manusia yang mungkin aja kondisi si pria ini lebih capek dan lelah daripada si cewe. Tapi mereka tetep mau memberikan tempat duduknya buat kaum cewe. Hmmmm, cumannya ga semua orang juga kaya begitu. Inilah jeleknya gw. Kadang gw suka menggerutu di dalam hati ketika ada orang-orang yang ga mau memberikan tempat duduknya ke orang yang lebih membutuhkan. Bukan gw juga maksudnya, tapi kay ibu-ibu tua gitu..
Yah, nyadar juga sih betapa susahnya mengangkat tubuh kita yang telah terbuai di bangku tersebut. Ternyata ga gampang.
Gw pun masih mau belajar untuk mengerti dan berusaha meniru untuk memberikan tempat duduk buat orang yang membutuhkan. Dan juga mau mengerti untuk orang-orang yang tetap mempertahankan tempat duduknya, dengan pikiran, mungkin sangat sangat cape.
Dan akan selalu memberi kekaguman bagi orang yang mau memberikan atau mengalah bagi orang yang dirasa lebih membutuhkan..
Mereka juga lah yang sering memberi inspirasi gw untuk terus berbuat seperti mereka. Mereka juga lah yang membuat senyum di dalam hati walaupun terasa lelah seharian. Karena ternyata masih ada kasih di dalam lingkup ruang yang kecil, bila ada satu di antara yang kecil ini, digabung jadi suatu kasih yang besar bagi dunia.

2 komentar:

  1. aku kalo naek buswe jga nda perna dikasi tempat dudukk... T·T

    hehe^^v

    gmana kuliah cii?

    BalasHapus
  2. wow.
    Pernah gw naik busway. Ceritanya tuh bus lagi kosong, trus, shelternya penuh. bujubuneng berebuitan masuk deh semuanya. akhirnya kan semua tempat duduk penuh, ada nenek-nenek berdiri. terus ada orang ngasih tempat duduknya ke nenek itu. tiba-tiba ada anak muda langsung ngedudukin tuh tempat. wow. kasihan banget tuh nenek. tapi orang di sebelahnya baik hati ngasih tempatnya ke nenek tsb.

    Gw liat, banyak orang yg suka banget kaya gitu. bahkan gw pernah mengalaminya. rasanya emang bisa dibilang, sialan tuh orang, gw liat tempat duduknya duluan, eh lu malah dudukin.

    pas gw ngeliat tuh nenek, gw mulai mikir. gw ini masih muda, masih bisa berdiri. ntar kalo ngga kuat baru duduk.

    trus gw liat ada ibu ibu tua nyender di tiang deket pintu, mumpung halte gw udah deket, langsung gw kasih tempat duduknya. dan si ibu dengan barang bawaanya langsung tidur terlelap.

    BalasHapus